Cara Memilih Setrika Uap Untuk Bisnis Laundry Anda

oleh | Agu 4, 2022 | Artikel, Tips | 0 Komentar

Menyetrika merupakan salah satu kegiatan domestik harian yang umum ibu rumah tangga kerjakan. Meski begitu, banyak yang beranggapan bahwa menyetrika adalah tugas yang sangat melelahkan dan membuat badan pegal. Padahal jumlah baju yang anda cuci dan setrika sama banyak. Berarti anda perlu menyimak cara memilih setrika uap.

Karenanya banyak pribadi dan badan usaha menawarkan jasa setrika termasuk di dalam bisnis laundrynya. Saat ini pun bisnis jasa laundry semakin berkembang pesat terutama di kota-kota besar.

Jika anda pemilik bisnis laundry maka alat setrika menjadi salah satu komponen penting  yang akan mendukung bisnis anda. Hal ini karena dengan alat setrika anda dapat merapikan pakaian bersih yang telah kering. Karenanya sangat penting memilih jenis setrika yang sesuai kebutuhan anda. Baik untuk penggunaan pribadi apalagi untuk bisnis laundry.

Lalu bagaimana cara memilih Setrika Uap Untuk Bisnis Laundry Anda ? Jawaban lengkapnya akan anda dapatkan dalam artikel berikut ini:

Mengenal berbagai jenis setrika

Terdapat lima ragam jenis setrika yang telah berkembang dari masa kemasa. Berikut adalah kelima jenis setrika yang umum terdapat di Indonesia :

  1. Setrika arang. Setrika jenis arang merupakan jenis setrika yang pertama ada di indonesia. jauh sebelum listrik umum di rumah warga. Hal ini karena setrika jenis arang menggunakan energi panas dari wadah yang menampung arang panas. Wadahnya sendiri terbuat dari bahan seng dan besi yang berisi arang bakar. Nah, energi panas inilah yang membuat pakaian kusut menjadi rapi.
  2. Setrika listrik. Setrika jenis listrik menggunakan energi listrik yang melalui lempeng sehingga berubah menjadi energi panas dan mampu merapikan pakaian kusut.
  3. Setrika listrik yang telah memiliki pengaturan suhu. Produk setrika listrik ini merupakan produk perkembangan dari setrika listrik yang pertama ada. Jenis ini sudah dilengkapi pengatur suhu otomatis yang akan mati ketika setrika sudah mencapai suhu panas tertentu. Apabila suhu sudah kembali normal secara otomatis setrika listrik akan menaikkan suhu kembali.
  4. Setrika uap. Setrika uap atau setrika dry clean memiliki fungsi Sesuai dengan namanya, setrika ini mampu mengeluarkan uap panas yang seketika akan membuat pakaian menjadi rapi dan tidak terlihat kusut. Kemampuannya yang dapat bekerja dengan cepat menjadi setrika ini banyak digunakan baik oleh bisnis laundry maupun oleh pribadi.
  5. Setrika gas. Setrika ini serupa dengan setrika uap. Setrika dengan tenaga gas umum jasa bisnis laundry gunakan terutama untuk usaha berskala besar.

Mengenal Setrika Uap

Saat memutuskan membeli dan menggunakan setrika uap, anda tidak bisa sekadar melihat desain model atau warnanya saja. Lebih dari itu, anda perlu mempertimbangkan bagian tapak setrika, penggunaan sumber daya, dan cara penggunaan setrika uap, selain juga pertimbangkan kebutuhan anda dalam memilih produk di pasaran.

Secara umum, setrika uap terbagi dalam dua tipe, yakni tipe standar dan tipe handheld. Masing-masing tipe memiliki kelebihan sehingga Anda harus memilih berdasarkan keperluan anda.

Setrika uap bertipe standar umumnya memiliki bobot berat, sehingga untuk menghaluskan pakaian dan lipatannya Anda tidak perlu menekan dengan tangan. Tipe standar baik digunakan untuk Anda yang terbiasa menyetrika pakaian dalam jumlah banyak.

Namun, apabila Anda tinggal sendiri dan ingin lebih praktis, anda dapat memilih setrika uap tipe handheld yang bobotnya lebih ringan. Selain itu setrika tipe handheld juga lebih ringkas dan cepat dalam pengerjaannya. Tipe ini memungkinkan Anda menyetrika pakaian yang dalam posisi gantung. Kekurangannya setrika jenis handheld lebih cepat panas sehingga perlu pakai sarung tangan untuk memperkecil risiko kecelakaan.

Prinsip kerja setrika uap.

Seperti  namanya  setrika uap  mengubah energi listrk menjadi uap panas dengan tambahan adanya tanki air. Kemunculan setrika uap tentu tidak lepas dari penggunaan teknologi terkini yang memanfaatkan uap air sebagai media yang dipanaskan. Kemudian dengan pengaturan tertentu uap panas dapat anda dorong keluar dan bekerja membuat baju lebih rapi.

Walaupun secara prinsip tampak serupa, menyetrika dengan setrika uap tidak sama dengan menyetrika biasa yang dapat anda lakukan pada pakaian yang masih lembap atau setengah kering. Menyetrika pakaian yang belum benar-benar kering justru bisa mengakibatkan pakaian anda bau apek. Demikian juga jika Anda menyetrika menggunakan terlalu banyak uap air.

Sehingga menggunakan produk pewangi dan pelembut laundry akan membantu anda dalam menyetrika dan menjaga pakaian.

Oleh karena itu,  setrika uap sangat baik sebagai pilihan alat setrika bagi anda yang mempunyai bisnis laundry serta bagi anda dengan mobilitas tinggi dan sering terburu-buru. 

 

Cara memakai setrika uap

Sebelum mulai memakai setrika uap, bacalah buku petunjuk penggunaan. Namun jika anda hanya bisa menemukan cara memakai setrika dalam bahasa asing berikut cara umum memakai setrika uap:

1. Isi tangki setrika menggunakan air bersih

Sebagian model setrika memiliki tangki yang bisa anda lepas pasang. Tetapi pada model lain Anda perlu membawa unit setrika ke keran untuk anda isi air. Jika setrika Anda termasuk dalam setrika yang tankinya tidak bisa anda lepas, pastikan saat mengisi air setrika dalam keadaan dingin serta tidak terhubung ke listrik. selain itu selalu gunakan air besih dalam mengisi tanki. Sebab kandungan mineral bisa membuat lubang uap tertutup.

2. Sambungkan setrika dengan sumber daya

 Jika tangki air di setrika Anda bisa dilepas, pasang kembali  sampai terkunci sebelum anda menghubungkan kabel setrika ke sumber listrik.

3. Pilih suhu yang sesuai

Pilihlah sushu yang sesuai untuk baju yang akan Anda setrika (biasanya tertera di label pakaian). Tunggu hingga setrika panas sesuai. Beberapa tipe setrika memiliki lampu indikator yang  akan menyala selama proses pemanasan, dan otomatis mati ketika setrika telah mencapai suhu yang terebut.

4. Nyalakan fitur uap serta atur intensitasnya

Nyalakan fitur uap serta atur intensitasnya ketika setrika sudah mencapai suhu yang anda inginkan anda dapat mulai menyetrika. Jika fitur uap sudah menyala, Uap akan keluar dari bagian bawah setrika secara otomatis. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan intensitas uap dengan jenis kain sehingga kain licin maksimal tanpa bau apek.

5. Manfaatkan fitur semprot

Sebagian jenis setrika uap memiliki fitur semprot yang dapat anda gunakan pada baju yang benar-benar kusut. Caranya semprotkan air ke permukaan baju lalu segera setrika. Dengan memanfaatkan gabungan air dan uap panas dapat merapikan kain kusut secara efektif.

6. Jangan meletakkan setrika panas terlalu lama

Jangan meletakkan setrika panas terlalu lama di satu tempat apalagi di permukaan pakaian sebab dapat beresiko merusak pakaian. Ketika anda sedang mengubah posisi baju, anda dapat meletakkan setrika pada posisi berdiri atau di dudukan setrika.

7. Selalu kembalikan temperatur ke nol

Kembalikan temperatur ke nol lalu cabut kabel setrika dari sumber listrik setelah anda selesai menyetrika. Tunggu hingga suhu setrika dingin dan anda dapat segera mengosongkan air yang tersisa serta meletakkan setrika ke tempatnya semula.

Cara Memilih Setrika Uap Sesuai Kebutuhan Bisnis Laundry

Berikut beberapa tips dalam memilih setrika uap sesuai kebutuhan anda baik bagi bisnis laundry maupun penggunaan pribadi.

1. Keberadaan Kabel

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan saat memilih setrika uap adalah mengecek keberadaan kabel.

Setrika yang langsung terhubung ke stop kontak alias memiliki kabel memang dapat membatasi jangkauan hanya sepanjang kabel. Namun, setrika dengan kabel mampu menciptakan uap yang kuat dan stabil karena terhubung langsung ke sumber daya listrik. Sehingga setrika uap dengan kabel sangat cocok bagi anda yang biasa menyetrika pakaian dalam jumlah banyak misalnya, bagi bisnis laudry.

Sementara tipe kedua, yakni tanpa kabel (nirkabel) membuat anda lebih leluasa dalam menyetrika.  kekurangannya suhu uap pada setrika nirkabel lebih cepat dingin sehingga perlu anda letakkan secara rutin ke dudukan pengisi daya agar suhu setrika lebih stabil.

Meskipun demikian, setrika uap nirkabel bersifat portable, mudah anda genggam, dan ukurannya mini, cocok untuk Anda yang ingin menjaga pakaian rapi saat travelling. Setrika handheld  juga merupakan tipe setrika yang bisa anda pakai waluapun pakaian dalam posisi menggantung.

2. Volume dan Durasi Uap

Setiap produsen setrika uap dari berbagai merek telah menciptakan produk setrika dengan volume dan durasi uap yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda periksa juga dua poin penting ini agar hasil penyetrikaan lebih maksimal dan sesuai untuk kebuuhan anda.

Bagi pelaku bisnis laundry, setrika dengan volume dan durasi uap terbesar dapat menjadi pilihan terbaik anda. Meskipun kekurangannya, setrika ini lebih berat serta memiliki harga yang lebih mahal.

3. Pengontrol dan tangki airnya atau nozzle

Anda dapat memilih setrika uap yang tanki airnya bisa dilepas pasang ataupun nggak. Jangan lupa perhatikan juga tangki airnya, lebih baik jika anda memilih tanki transparan supaya mudah dalam melihat stok air dalam tabungnya.

4. Variasi level uap dan level panas

Poin keempat yang harus anda perhatikan adalah level uap dan pengaturan panas setrika. Sebab hal ini akan mempengaruhi kualitas anda dalam menyetrika setiap bahan pakaian yag berbeda-beda. Apalagi jika anda adalah pemilik bisnis laundry tentu anda harus memperhatikan kualitas penyetrikaan pakaian sebab konsumen daat datang dengan beragam jenis pakaian.

Selain harus menyediakan beragam pilihan pewangi laundry, alat setrika andapun harus siap. Selain menghindari bau apek, dengan kontrol panas dn uap yang tepat juga dapat mengehmat waktu anda.

Manfaat Setrika Uap Untuk Bisnis Laundry

Dengan penggunaan yang tepat dan sesuai menyetrika menggunakan setrka uap memliki banyak manfaat untuk bisnis laundry anda.  Berikut adalah enam manfaat setrika uap untuk binis laundry dan penggunaan pribadi:

  1. Menghemat Waktu
  2. Hemat Energi (Menggunakan Gas).
  3. Mengurangi Risiko Pakaian Rusak
  4. Aman Digunakan
  5. Mudah Digunakan untuk Pakaian Panjang
  6. Hasil Setrika Lebih Rapi

Anda juga dapat melihatkeungulan setrika uap di banding setrika listrik. Untuk bisnis laundry, produk setrika uap tersedia dalam beberapa jenis.

Kesimpulan

Sandang atau pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Tersedianya Pakaian yang rapih, licin dan wangi kemudian menjadi salah satu kebutuhan dalam rumah tangga. Hal ini membuat menyetrika pakaian merupakan salah satu tugas yang harus anda kerjakan. Oleh karenanya beragam solusi hadir.

Dari jasa bisnis laundry cuci dan setrika, hingga produsen setrika terus berinovasi menghadirkan setrika uap yang mudah anda gunakan. Selain mudah dalam penggunaanya setrika uap juga memiliki beragam manfaat yang dapat ada rasakan. Tentunya dengan penggunaan yang tepat dan sesuai anda bisa dengan cepat mendapat hasil pakaian yang rapih, licin dan wangi.

Pilihlah setrika uap yang menggunakan gas, selain hemat energi juga lebih ramah lingkungan. Semakin cepat dan berkualitas, maka jasa laundry koin Anda juga akan semakin ramai seiring dengan waktu. Atasi persaingan bisnis laundry hanya dengan meningkatkan kualitas pelayanan ke para pelanggan.

Setrika Uap Laundry

Distributor Setrika Uap

Kapasitas 7 Liter ~ 25 Liter

Pin It on Pinterest

Share This